Pembelajaran Aktif dan Inovatif - Okey teman-teman, sebelumnya kita telah membahas mengenai salah satu strategi pembelajaran aktif Learning Starts With a Question yang termasuk kedalam kategori model pembelajaran Inovatif. Kali ini akan penulis lanjutkan dengan pembahasan mengenai Strategi pembelajaran aktif Point Counterpoint yang termasuk ke dalam model pembelajaraan Cooperatif.
Strategi Pembelajaran Aktif Point Counterpoint
Strategi ini masuk ke dalam model pembelajaran Cooperatif yang berfokus pada pemberdayaan kelompok belajar. Strategi ini sangat baik untuk melibatkan siswa dalam mendiskusikan isu-isu kompleks secara mendalam. Strategi ini mirip debat, hanya saja dikemas dalam suasana yang tidak terlalu formal.
Langkah-langkah strategi Point Counterpoint
- Guru dan siswa menentukan topik dengan memilih isu yang mempunyai banyak perspektif yang akan menjadi bahasan.
- Siswa dibagi dalam beberapa kelompok sesuai perspektif masing-masing dalam mengkaji topik tersebut. Tiap kelompok siswa mendiskusikan topik tersebut sesuai perspektif masing-masing.
- Wakil tiap kelompok mempresentasikan hasilnya berupa argumen yang menjadi pandangan kelompoknya dan ditanggapi (counter) oleh kelompok lainnya.
- Konfirmasi & kesimpulan dipandu guru yang bersangkutan.
Kelebihan Strategi Point Counterpoint
- Siswa dituntut untuk aktif mengeluarkan pendapat dalam kelompoknya.
- Siswa dituntut untuk berfikir secara kritis mengenai isu yang dibahas dalam kelompok.
- Melatih siswa untuk memaparkan hasil diskusi dan menerima tanggapan dari teman/kelompok lainnya.
Kelemahan Strategi Point Counterpoint
- Siswa yang kurang pintar selalu ketinggalan dalam berdiskusi.
- Dimungkinkan terjadi suasana gaduh atau ramai.
- Jika dalam kelas lebih banyak siswa yang pasif, maka siswa yang menanggapi akan sedikit atau cuma itu-itu saja.
- Guru harus bisa mengendalikan suasana.
Mungkin itu dulu pembahasan mengenai strategi pembelajaran aktif model Kooperatif Point Counterpoint. Semoga bermanfaat, Terimakasih.
Source: Setyadi, Bambang Yulianto dan Muhibbin, Ahmad. 2011. Paedagogik Khusus Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaran dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Surakarta: Kementrian Pendidikan Nasional UMS.
0 Response to "Strategi Point Counterpoint"
Posting Komentar
Bangun Indonesia dengan Komentar :)